• Home
  • Sejarah
  • Parade Foto
  • Sains
  • Musik dan Film
  • Cerpen
  • Waktu Senggang
  • Tip dan Trik
  • Berita
  • Humor
  • Login
  • Selasa, 05 Maret 2013

    Cara Sehat Ala Abunawas




    Suatu ketika Raja Harun Al-Rasyid jatuh sakit. Obat apapun yang ia minum tak berhasil memulihkan kesehatannya. Akhirnya ia mengadakan sayembara, siapa yang bisa menemukan obat untuk sakitnya akan mendapatkan hadiah emas sekantung.

    Pendaftar sayembara yang jumlahnya puluhan itu didominasi oleh tabib. Satu-satunya yang bukan tabib adalah Abunawas . Karena tahu akan kecemerlangan otak Abunawas, raja memilihnya sebagai satu-satunya peserta dan menyuruh pulang pendaftar lainnya. Meski sebenarnya ia tahu Abunawas bukanlah tabib.
    “Hei Abunawas, katakan segera obat apa yang bisa menyembuhkan penyakitku?” tanya Baginda Raja.

    Setelah sedikit melakukan tanya jawab dengan rajanya, Abunawas segera memberikan resepnya. “Baginda, Hamba mohon Baginda mau mencari telur onta. Setelah itu Baginda pasti akan sembuh,” kata Abunawas.

    “Baiklah kalau begitu Abunawas. Tapi awas kalau obatmu itu nggak manjur, kamu akan aku hukum,” kata Baginda Raja.

    Maka Baginda Raja didampingi seorang pengawal mulai berburu telur onta dengan menyamar sebagai rakyat biasa. Ia masuk pasar dan menanyai satu persatu pedagang apakah mereka menjual telur onta. Tapi tak satupun pedagang yang menjual benda itu

    Setelah kemana-mana tak juga menemukan telur onta, dengan kesal Baginda Raja berniat kembali ke Istana. Tapi di tengah perjalanan pulang ia melewati sebuah gubug yang dihuni oleh seorang bapak tua renta. Baginda Raja kasih isyarat kepada pengawalnya untuk mampir ke gubuk itu. Barangkali kali ini ia bisa mendapatkan telur onta.

    Ketika ditanya apakah punya telur onta, bapak tua itu pun tertawa terbahak-bahak. “Bapak ini gimana sih, mana ada onta bertelur? Onta itu berkembangbiak dengan cara melahirkan, bukan dengan bertelur,” kata bapak tua.

    Dengan muka merah padam dan hati yang sangat kesal, Sang Raja akhirnya sadar sudah ditipu Abunawas. “Awas kau Abunawas, sepulang dari sini aku akan perintahkan pada para pengawalku untuk menggantungmu,” ujar Baginda dalam hati.

    Ketika sampai di rumah Abunawas, ternyata tuan rumah hanya tersenyum-senyum saja. Maka makin jengkellah Sang Raja. “Hei Abunawas kau telah menipuku. Sebentar lagi para pengawalku akan datang ke sini untuk menyeretmu ke tiang gantungan!” teriak Sang Raja.

    “Sabar-sabar Baginda, sebelum dihukum Hamba mau tanya dulu, apakah Baginda sekarang sehat-sehat saja?” tanya Abunawas.

    “Ya, saya sehat-sehat saja. Memangnya kenapa?” tanya Raja Harun Al-Rasyid.

    “Nah sebetulnya penyakit Baginda itu semata-mata disebabkan karena akhir-akhir ini Baginda kurang bergerak. Karena itu setelah pergi kemana-mana cari telur onta, kesehatan Baginda jadi pulih kembali. Dengan lebih banyak bergerak peredaran darah Baginda jadi lancar dan badan pun menjadi lebih sehat,” kata Abunawas.

    Menyadari arti resep yang diberikan Abunawas, Baginda Raja tertawa terpingkal-pingkal. Ia tak jadi menghukum Abunawas tapi malahan menghadiahinya sekantung emas.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar