• Home
  • Sejarah
  • Parade Foto
  • Sains
  • Musik dan Film
  • Cerpen
  • Waktu Senggang
  • Tip dan Trik
  • Berita
  • Humor
  • Login
  • Sabtu, 14 Juli 2012

    Biasakan Bawa Bekal ke Sekolah



    Kalau teman-teman merasa jajanan yang ada di sekolah tidak aman, kenapa tidak membawa bekal dari rumah saja?  Tak perlu malu-malu karena nanti kalau sampai  sakit karena jajanan yang tidak sehat, kita sendiri juga yang menanggung akibatnya.


    Saat ini jajanan di sekolah, kan, banyak mendapatkan sorotan. Mulai dari makanan yang menggunakan pewarna tekstil, zat pengawet terlarang, bahan penguat rasa, pemanis buatan, dan zat-zat lainnya yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Tentu tentang ini teman-teman sudah banyak yang tahu dari media massa.

    Lalu bagaimana sih criteria makan yang sehat. Menurut  David Zinczenko dan Matt Goulding, pengarang buku Eat This, Not That for Kids, cara makan yang sehat itu:
    ·         Biasakan tidak melewatkan sarapan
    ·         Bawa makanan ringan yang menyehatkan
    ·         Bawa makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak
    ·         Bawa minum air putih dan susu
    ·         Kurangi porsi makanan instan
    ·         Biasakan makan bersama seluruh keluarga
    ·         Kurangi makanan yang banyak mengandung gula
    ·         Variasikan sayur dan buah bermacam warna
    ·         Jangan lupakan makanan yang mengandung zat besi, kalsium, vitamin D, vitamin E, dan serat dalam setiap menu.

    Lantas, apa saja yang bisa disiapkan untuk bekal ke sekolah. Berikut beberapa anjuran yang diberikan oleh Dr. Sri Sukmaniah, MSc, dari Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI):
    ·         Makanan biskuit, wafer, stik gula adalah makanan tinggi gula dan zat gizi minim hingga membuat cepat kenyang. Sesekali boleh diberikan, namun dampingi dengan yoghurt yang diberi irisan buah seperti stroberi, nanas, atau pisang.
    ·         Jika membawa roti isi  dianjurkan memberi roti jenis gandum karena kaya karbohidrat dan serat. Isilah roti dengan sumber protein hewani, seperti telur, keju, cincangan ayam/daging/tuna. Selain itu, lengkapi pula dengan sumber protein nabati seperti kacang polong, jagung manis, serta irisan tomat. Jika bawa  roti isi selai atau cokelat, untuk menyeimbangkan gizinya, harus pula dilengkapi yoghurt serta buah.
    ·         Jika membawa mie goring lengkapi dengan sayuran, jangan polosan. Sebab, mie saja hanya mengandung karbohidrat dan lemak, tapi kurang protein dan serat. Berikan campuran irisan daging atau ikan, serta potongan wortel atau brokoli sebagai pelengkap.
    ·         Jika membawa nasi dan ayam goring yang  mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, lengkapi jagung manis atau kacang polong, irisan ketimun dan tomat sebagai sumber vitamin dan mineral.
    ·         Jika membawa telur  telur, masukkan bersama dalam roti isian, bersama sayuran, plus buah agar makin lengkap.
    ·         Jika membawa makanan olahan, nugget, sosis, dimsum perlu dilengkapi  seperti sayur, buah, dan yoghurt. Tapi, agar si kecil makin sehat, sebaiknya makanan seperti ini jangan terlalu dibiasakan.
    ·         Jika membawa sereal dengan susu. Biasanya, makanan ini sudah mengandung banyak kandungan gizi, vitamin,  dan mineral. Tapi, sangat dianjurkan, dilengkapi dengan buah untuk makin melengkapi vitamin  dan mineral yang dibutuhkan

    Selain itu, dokter Nanni Djaja, SpGK, dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, dalam masa pertumbuhan anak, makanan-makanan yang mengandung zat besi  haruslah menjadi rujukan utama dalam menu yang dikonsumsi. Nanni mencontohkan menu yang kaya zat besi di antaranya yaitu:
    ·         Sarapan pagi: telur matang satu buah, susu rendah lemak 200 ml (satu gelas), dengan selingan bubur kacang hijau satu mangkuk.
    ·         Makan siang: nasi 200 gram, sayur tumis kangkung, semur daging kentang, sup kacang merah satu mangkuk, air jeruk satu gelas, dengan selingan kue sus satu buah.
    ·         Makan malam: nasi 200 gram, capcay satu mangkuk kecil, ayam porsi kecil, sapo tahu satu mangkuk kecil, jus strawberry satu gelas dengan selingan sebelum tidur susu rendah lemak 200 ml (satu gelas).

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar